Profil Kabupaten Keerom

KETIKA otonomi daerah bergulir pada tahun 2001, perlahan namun pasti muncul provinsi, kota, dan kabupaten baru. Tidak jarang hanya sedikit atau bahkan tidak ada literatur mengenai daerah-daerah baru itu. Wajar saja. Membereskan tata pemerintahan menjadi hal pertama yang dilakukan dibandingkan dengan membuat profil daerah. Pembuatan data dan informasi, misalnya, yang berisi letak geografi, logo, dan potensi wilayah, menjadi urutan kesekian untuk diselesaikan.

SALAH satu kabupaten yang minim informasi adalah Keerom. Bila memasukkan “keerom” dalam mesin pencari di internet, sekitar 700 data muncul di layar komputer. Sebagian besar merujuk pada tempat di Afrika Selatan. Sekitar 20 data, mengacu pada nama daerah baru itu.

Keerom terletak di sebelah timur Kabupaten Jayapura. Kelima distrik yang masuk wilayah Keerom-Arso, Waris, Senggi, Skamto, dan Web-semula bagian Kabupaten Jayapura. Melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2002, Kabupaten Jayapura yang luasnya 61.493 kilometer persegi, atau 14,82 persen dari luas Provinsi Papua, dimekarkan menjadi tiga daerah. Ketiga daerah itu: Kabupaten Jayapura dengan ibu kota Jayapura, Kabupaten Sarmi dengan ibu kota Sarmi, dan Kabupaten Keerom dengan ibu kota Waris, namun sampai saat ini aktivitas pemerintahan dipusatkan di Arso. Setelah terbagi tiga, posisi Jayapura sebagai perbatasan antara Indonesia dan Papua Niugini digantikan oleh Keerom.

Saat masih menjadi bagian Kabupaten Jayapura, kelima distrik yang kini berinduk ke Kabupaten Keerom merupakan wilayah pengembangan III. Ketika itu, Kabupaten Jayapura dibagi menjadi lima wilayah pengembangan. Sebagai wilayah pengembangan III, Arso, Waris, Senggi, Skamto, dan Web antara lain diprioritaskan menjadi daerah transmigrasi, daerah pertanian tanaman pangan serta perkebunan. Meski kini berganti induk, daerah itu tetap akan dikembangkan seperti direncanakan.

One response to “Profil Kabupaten Keerom

  1. It’s nearly impossible to find well-informed people about this subject,
    however, you seem like you know what you’re talking about!

    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s